Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Tips Memilih Susu Formula untuk BayiSemua orang tau bahwa ASI atau air susu ibu adalah asupan gizi lengkap untuk anak pada saat bayi. Kandungan nutrisi pada ASI benar-benar sangat lengkap dan sudah menjadi kesepakatan bersama seluruh dokter di dunia tanpa adanya bantahan. ASI sangat baik untuk masa tumbuh kembang anak dari 0-6 bulan sejak pertama hari kelahirannya. Sayangnya tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif pada anak yang baru di lahirkan karena beberapa faktor, oleh sebab itu solusi sebagai ganti dari ASI adalah susu formula.

Meskipun susu formula untuk anak saat ini sudah berkembang dengan pesat terkait kandungan gizinya tapi hingga saat ini belum terdapat yang mampu menggantikan ASI. Tapi meski begitu ada beberapa susu formula yang di anggap mampu memenuhi asupan gizi harian pada bayi.

Cara Memilih Susu Formula Untuk Anak

Agar tubuh kembang anak maksimal pada usianya tentunya memilih susu formula tidak boleh asal-asallan karena ini sangat mempengaruhi pertumbuhan anak hingga dewasa nantinya. Memilih susu formula tidak boleh hanya berpatokan pada merk saja tapi harus secara jeli melihat perkembangan anak hingg kandungan pada susus tersebut. Berikut adalah tips memilih susu formula yang baik untuk anak.

  1. Susu Sapi

Agar kebetulan nutrisi anak pada usia bayi terpenuhi sebaik pilihlah susu sapi kecuali apabila anak anda mengalami alergi susu sapi barulah pilih susu kedelai.

  1. Kandungan Protein

Susu formula yang di pilih untuk anak bayi sebaiknya mampu memenuhi kebutuhan protein pada bayi terutama 9 protein essensial yang terdiri dari  histidin, metionin, leusin, isoleusin, lisin, valin, treonin,fenilalanin, dan triptofan.

Manfaat dari 9 protein essensial tersebut dapat membantu pertumbuhan dan memperbaik jaringan otot pada anak, meningkatkan fungsi otak sehingga anak menjadi cerdas, meningkatkan sistem imun pada tubuh dan menyerap kalsium dengan baik sehingga anak memiliki tulang yang kuat.

Dalam memilih susu formula tidak boleh sama sekali mengabaikan aspek yang satu ini karena sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak dan bahkan bisa mengalami gizi buruk jika tidak terpenuhi dengan baik.

  1. Pilih sesuai dengan usia

Memilih susu formula harus sesuai dengan usia anak. Misalnya kalau anak umur 0-6 bulan maka belilah yang untuk umur 0-6 bulan. Apabila memilih tidak sesuai dengan usinya bayi bisa berakibat fatal mulai dari masalah pencernaan pada anak hingga mengalami mal nutrisi atau gizi buruk.

  1. Tidak harus organik

Hingga saat ini susu organik memang memilih harga yang lebih mahal, tapi belum ada pembuktian bahwa susu organik lebih baik di bandingkan susu reguler alias sama saja.

Nah itulah beberapa tips memilih susu formula yang tepat untuk anak, semoga bermanfaat

Related Posts