Mengenal TOEIC, Ujian Bahasa Inggris untuk Profesional

Mengenal TOEIC, Ujian Bahasa Inggris untuk ProfesionalSebagai pengguna bahasa Inggris, kamu mungkin sudah sangat familiar dengan TOEFL maupun IELTS. Keduanya merupakan ujian internasional yang kerap dijadikan syarat masuk untuk perguruan tinggi maupun untuk melamar pekerjaan.

Lalu pernahkah kamu mendengar tentang TOEIC? Sama seperti TOEFL dan IELTS, TOEIC juga merupakan ujian internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggrismu. Nah, untuk mengetahui lebih jelas, simak artikel berikut ini ya!

Apa itu TOEIC?

TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication, sebuah ujian keterampilan bahasa Inggris yang umum digunakan dalam dunia bisnis. Melalui TOEIC kamu akan mendapatkan gambaran mengenai kemampuan tata bahasa (grammar) dan kosakata dalam (vocabulary) dalam dunia bisnis.

Tujuan dari TOEIC

Sama dengan TOEFL dan IELTS, TOEIC ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Biasanya, setiap instansi baik perusahaan maupun instansi pemerintah memiliki standar minimal skor TOEIC yang harus kamu miliki untuk dapat mendaftar.

Alasan mengambil TOEIC

Kamu harus mengambil ujian TOEIC jika ingin mendaftar di suatu instansi yang mensyaratkannya. Biasanya, perusahaan atau bisnis internasional, maupun instansi pemerintah menjadikan TOEIC sebagai salah satu syarat untuk mendaftarnya. Tidak jarang juga pendidikan dan ikatan dinas tertentu juga mensyaratkan sertifikasi TOEIC.

Pengguna TOEIC

TOEIC digunakan oleh karyawan maupun calon karyawan perusahaan atau bisnis internasional, organisasi internasional, pegawai pemerintah, hingga peneliti. Meski cenderung digunakan untuk bisnis, ada pula instansi pendidikan yang menjadikan TOEIC sebagai syarat kelulusan dari program studi tertentu di tingkat master.

Format ujian dan penilaian

Ujian TOEIC hanya terdiri dari dua sesi yaitu reading comprehension dan listening comprehension untuk mengukur kemampuan tata bahasa dan kosakata dalam waktu dua jam. Skor dalam ujian TOEIC berkisar antara 5-900 tanpa status lulus dan tidak lulus. Meskipun begitu umumnya dibutuhkan skor minimal 700 untuk dapat digunakan.

Sama dengan ujian kemampuan bahasa Inggris skala internasional lainnya, TOEIC juga sangat tricky. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengambil kelas persiapan TOEIC agar kamu dapat memenuhi target skor yang ingin dicapai. Dengan mentor yang berpengalaman, kamu akan diberi tahu tips dan trik cara cepat belajar bahasa Inggris untuk ujian TOEIC.

Related Posts