Mengenal Pengertian Konjungsi Temporal

Mengenal Pengertian Konjungsi TemporalBagi yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia tulis menulis, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah konjungsi temporal. Istilah tersebut dipakai untuk menjelaskan mengenai kata hubung yang menyambungkan kata atau kalimat hingga terasa padu.

Pengertian Konjungsi Temporal Menurut Ahli

Menurut Abdul Chaer

Seorang ahli bernama Abdul Chaer pada tahun 1990 pernah menyatakan pendapatnya mengenai pengertian konjungsi temporal. Menurut beliau, konjungsi tersebut merupakan sekumpulan kata-kata yang umumnya dipakai untuk menghubungkan antara kata dengan kata, kalimat dengan kalimat, dan klausa dengan klausa.

Menurut Gorys Keraf

Sedangkan Gorys Keraf, seorang ahli bahasa yang lain juga menyatakan pendapat yang kurang lebih hampir sama. Beliau menambahkan bahwa konjungsi pada dasarnya memiliki fungsi utama yatu menghubungkan bagian kata-kata, kalimat, ataupun menyambungkan kalimat yang ada di dalam sebuah wacana.

Menurut Minarni Try Astuti

Minarni dalam salah satu buku yang sudah diterbitkan dan ditulis sendiri oleh beliau menjelaskan bahwa penggunaan konjungsi ini masih termasuk ke dalam salah satu ciri yang cukup khas terlebih ketika menulis artikel berita. Fungsi kalimat langsung, keterangan waktu, dan bahasa Indonesia formal harus selalu dipakai agar berita tersebut memiliki informasi yang jelas dan tidak ambigu.

Ida Widaningsih

Hampir sama seperti ahli-ahli yang lainnya, Ida Widaningsih di dalam bukunya yang berjudul Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia menyatakan bahwa konjungsi adalah sebuah kata penghubung yang bisa menjadi pihak yang mampu melanjutkan kalimat secara langkah demi langkah. Konjungsi juga biasa dipakai menjelaskan kalimat yang seringkali dilontarkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Konjungsi Temporal Secara Umum

Dari berbagai pengertian konjungsi menurut ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa konjungsi memiliki pengertian singkat sebagai sekumpulan kata yang ditulis dengan tujuan untuk menyambungkan kalimat dengan kalimat selanjutnya. Hal tersebut dilakukan agar informasi yang ditulis terdengar koheren dan bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Begitulah pengertian konjungsi temporal yang bisa diketahui. Masih ada banyak pengertian menurut ahli lain yang tidak kalah menarik, namun bisa disimpulkan bahwa pengertian konjungsi ini memang cukup mirip antara satu sama lain.

Related Posts