Melestarikan Lingkungan dan keuntungan menjaganya

Melestarikan Lingkungan dan keuntungan menjaganya

Lingkungan hidup terdiri dari tiga komponen yaitu lingkungan alam, lingkungan buatan, dan lingkungan sosial. Ketiga komponen tersebut sendiri memiliki peranan penting dalam hal pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi, ada satu yang lingkungan alam sangatlah penting untuk dijaga. Melestarikan lingkungan  dari kerusakan lingkungan hidup bisa menimbulkan bencana alam seperti tanah longsir dan banjir. Oleh karena itu, melestarikan alam sangat penting agar kondisi alam bisa stabil dan bersahabat dengan manusia.

Pengertian dan Tujuan Melestarikan lingkungan

Melestarikan atau menjaga lingkungan alam merupakan serangkaian usaha untuk memelihara kelangsungan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup. Daya dukung lingkungan sendiri berhubungan dengan kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup yang lain. Oleh karena itu, daya tampung lingkungan akan berhubungan dengan kemampuan lingkungan untuk menyerap zat, energi serta komponen lain yaang masuk kedalam lingkungan. Melakukan pelestraian lingkungan hidup juga bukan berarti manusia tidak boleh memanfaatkan lingkungan karena pelestarian lingkungan hidup jga berarti memanfaatkan lingkungan secara bijak agar keseimbangan bisa terjaga.

Adapun tujuan dari Melestarikan lingkungan sendiri sangatlah erat dengan menjaga kondisi alam. Ada beberapa tujuan yang perlu anda ketahui diantaranya adalah dengaen mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara arif dan bijaksana. Selain itu, melestarikan kondisi ini juga perlu mewujudkan manusia sebagai pembina dan juga mitra lingkungan hidup. Sedangkan tujuan yang ketiga adalah melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi sekarang dan generasi mendatang. Sedangkan tujuan yang terakhir dari menjaga alam adalah mewujudkan kelestarian antara hubungan manusia dengan lingkungan hidup.

Cara Melestarikan lingkungan melalui kebiasaan sehari-hari

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan utuk menjaga kondisi alam dengan kebiasaan sehari-hari. Salah satu yang penring adalah dengan mencari ikan secara tradisional. Cara tradisional memang cukup aman dan tidak merusakn ekosistem dalam air. Selain itu, adanya pencarian ikan secara bom dan racun jua bisa menimbulkan ekosistem air bisa terganggun. Beberapa cara tradisional yang bisa dilakukan adalah seperti pergi memancing didanau. Selain itu, membuat terasiring didaerah pegunungan juga penting karena bisa mencegah terjadinya tanah longsor yang tentu akan merugikan masyarakat setempat.

Selain itu, anda juga perlu melakukan tindakan ramah lingkungan sebagai cara untuk Melestarikan lingkungan. Cara ini memang sangat tepat untuk menjaga alam sekitar kita karena meskipun perubahan kecil pada tingkat individu tampak sepele namun jika setiap individu diplanet ini melakukan hal yang sepele ini maka bukan tidak mungkin bumi semakin terjaga kondisinya. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan terjaga anda bisa melakukan dengan mengurangi konsumsi dan menggantinya dengan 3 R yaiut Reduce, reuse, dan recycle. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kompos yaitu dengan mebiarkan sampah makanan dan sampah dihalaman anda membusuk secara alami ditanah. Hal ini penting karena bisa mengurangi limbah dan menghasilkan tanah yang subur untuk digunakan berkebun.

Related Posts