Lebih Aman Konsumsi Kopi Hitam Atau Kopi Susu?

Lebih Aman Konsumsi Kopi Hitam Atau Kopi Susu?

Apakah kamu suka beli kopi kekinian? Kopi kini bisa dinikmati dengan lebih mudah dan dikreasikan menjadi berbagai macam minuman. Banyaknya masyarakat yang terjun kedunia bisnis perkopian menjadi pendukung mudahnya kopi bisa dikonsumsi masyarakat. Kreasi kopi kekinian sendiri didapatkan dengan mengkombinasikan kopi hitam dengan beragam bahan tambahan. Dimana kombinasi tambahan yang sering digunakan adalah susu.

Maraknya kopi kekinian yang dijualkan kedai kopi sendiri mampu menghapus stigma masyarakat akan kopi. Dimana kopi yang dikenal adalah kopi hitam dan memiliki rasa yang pahit dan masam. Namun, kopi kekinian sendiri memiliki rasa yang manis dengan berbagai varian rasa. Bahkan ketika mengkonsumsinya seperti tidak mengkonsumsi kopi sesungguhnya. Sebab itu, beberapa orang yang tidak suka kopi hitam akhirnya mengonsumsi kopi kekinian saja sebagai alternative.

Kopi kekinian yang popular dan mudah ditemukan dimanapun adalah kopi susu. Jenis minuman ini mencampurkan espresso dengan susu UHT atau pasteurisasi yang bisa ditambahkan es batu. Kopi susu yang dikenal dulu adalah kopi hitam yang ditambahkan susu kental manis. Jadi ketika mengkonsumsinya masih ada rasa ampas yang ikut bergabung. Berbeda dengan kopi susu kekinian yang dikenal masyarakat saat ini.

Amankah konsumsi kopi susu harian? Bubuk kopi mengandung kafein. Dimana tubuh sendiri bisa menerima kafein dalam batas 200 – 400 mg per harinya. Takaran tersebut sama dengan mengonsumsi kopi hitam 2 – 4 cangkir kopi per harinya. Konsumsi kopi dalam jumlah tersebut bisa mendukung kesehatan tubuh kamu. Bahkan bisa menunjang fokus dan konsentrasi serta mood harian. Perlu dicatat bahwa kopi yang dimaksud adalah kopi tanpa bahan tambahan selain air panas sebagai seduhan.

Lalu bagaimana dengan kopi susu? Minuman kopi susu mencampurkan espresso atau kopi hitam yang disaring menggunakan mesin bertekanan tinggi, dengan susu UHT atau pasteurisasi. Penambahan susu atau sejenisnya ke dalam kopi akan meningkatkan kadar gula dalam minuman tersebut. Apabila dikonsumsi berlebihan dan setiap hari maka akan meningkatkan resiko diabetes dan penyakit degeneratif lainnya. Sebab itu, perlu membatasi diri mengonsumsi jenis kopi susu kekinian ini.

Kandungan gula berlebih pada tubuh akan menyebabkan obesitas bahkan resiko diabetes. Gula sendiri sudah banyak dikonsumsi tubuh melalui makanan. Penambahan gula dalam tubuh dalam bentuk kopi susu sendiri akan menambah timbunan lemak dalam tubuh. Jadi, ada baiknya kamu mengonsumsi kopi tanpa tambahan susu dan sejenisnya untuk mendapatkan efek positif bagi tubuh.

Apa manfaat konsumsi kopi tanpa gula bagi tubuh? Konsumsi kopi tanpa gula akan menurunkan resiko penurunan kognitif pada masa tua. Kandungan antioksidan pada kopi juga membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kafein sebagai kandungan utama pada kopi sendiri mampu mendukung fokus dan konsentrasi otak. Bahkan bisa menurunkan tingkat stress dan menaikkan mood tubuh. Sebab itu, ada baiknya konsumsi kopi tanpa gula saja dipagi hari.

Related Posts