5 Dampak Buruk Pemakaian Lipstik yang Wanita Harus Tahu

5 Dampak Buruk Pemakaian Lipstik yang Wanita Harus Tahu

Bibir yang terlihat segar, merah dan merona bisa meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita saat tersenyum. Para wanita rela menggelontorkan banyak uang demi memiliki bentuk bibir yang indah sepanjang waktu. Untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri, wanita acap memakai lipstik dengan ragam warna sesuai kepribadian masing-masing. Meskipun demikian, Anda harus tahu cara memerahkan bibir agar terhindar dari risiko kering dan pecah-pecah akibat pemakaian lipstik yang terlalu sering.

Jika Terlalu Sering Memakai Lipstik

Sebagai wanita yang memperhatikan update fashion beauty kekinian, Anda harus mengetahui dampak buruk pemakaian lipstik dalam waktu lama yaitu :

1.                 Bisa mengakibatkan kerusakan bibir

Pemakaian lipstik tanpa perawatan yang benar bisa menyebabkan kerusakan bibir seperti kering, kusam, pecah-pecah, dan bibir terlihat menggelap atau hitam. Apalagi Anda menggunakan perona bibir yang kadaluwarsa, maka risiko alami kerusakan bibir sangat tinggi.

2.                 Kerusakan ginjal dan saraf

Hati-hati memakai lipstik yang mengandung kandungan timbal sebab bisa berdampak pada kerusakan ginjal dan saraf Anda. Selain kandungan timbal, Anda harus waspada dengan kandungan logam berat lain pada lipstik tanpa sertifikasi BPOM RI seperti kadmium, magnesium dan kromium.

3.                 Bisa meningkatkan konsumsi racun

Menelan lipstik setiap hari saat Anda makan dan minum bisa memberikan dampak serius bagi kesehatan dalam waktu lama. Peningkatan konsumsi racun yang ada pada produk bahan kimia akan mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Penggunaan lipstik matte yang waterproof memang lebih populer, tapi Anda harus mengimbangi pemakaian dengan perawatan bibir yang baik.

4.                 Bisa mengakibatkan kanker

Lipstik yang mengandung bahan berbahaya bisa mengakibatkan risiko Anda terkena kanker lebih tinggi. Pada kasus tertentu, kandungan minyak mineral pada lipstik bisa mengakibatkan risiko alergi dan iritasi pada kulit sekitar bibir Anda.

Hati-hati dengan kandungan pengawet pada lipstik yang wajib diwaspadai, apalagi produk abal-abal yang mengandung paraben. Untuk mencegah risiko tersebut, Anda harus memilih lipstik yang terbuat dari bahan alami, kaya vitamin E dan mengandung SPF tinggi.

5.                 Bisa mempengaruhi reproduksi

Reproduksi wanita bisa saja bermasalah bila Anda memakai produk lipstik dengan bahan petrokimia dari minyak mentah dan gas alam. Wanita yang memakai produk lipstik ini bisa saja alami gangguan reproduksi, kecerdasan dan perkembangan sehari-hari.

Bila Anda tidak perlu memakai lipstik untuk bepergian ke kantor atau kondangan, sebaiknya hindari memakai lipstik setiap hari. Anda bisa mengganti produk lipstik dengan lip balm yang lebih aman dan alami bagi kesehatan bibir.

Luangkan waktu Anda dengan menerapkan cara memerahkan bibir baik kegiatan eksfoliasi bibir secara rutin, minum air putih yang mencegah dehidrasi, memilih produk perawatan bibir yang baik, dan tidak melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol atau terlalu banyak minum kafein, ya!

Related Posts