4 Penyebab Suhu Tubuh Manusia Naik Turun Tidak Teratur

Penyebab Suhu Tubuh Manusia Naik Turun Tidak TeraturSuhu tubuh manusia sangat rentan mengalami naik dan turun karena menyesuaikan diri dengan suhu udara di sekitar tubuh. Oleh sebab itu, suhu tubuh normal manusia akan berbeda pada masing-masing  wilayah.

Suhu tubuh akan naik dan menyebabkan keringat ketika berada di lingkungan yang panas. Juga akan menurun apabila suhu di sekitar Anda rendah. Hal ini merupakan pengaturan dari otak untuk menjaga suhu tubuh manusia tetap berada di batas normal. Selain faktor lingkungan sekitar juga ada beberapa faktor lain yang membuat suhu tubuh turun dan naik. Mulai dari faktor pertumbuhan hingga adanya penyakit di dalam tubuh.

Hal yang Menyebabkan Kenaikan atau Penurunan Suhu Tubuh

Respon otak terhadap suhu sekitar membuat perubahan suhu tubuh berubah. Selain itu, kegiatan yang dilakukan seperti merokok, minum minuman beralkohol, atau berbohong juga bisa menjadi faktor perubahan suhu tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi naik atau turunnya suhu tubuh seseorang:

Pertumbuhan Badan

Biasanya bayi yang sedang berada di masa pertumbuhan sangat sering mengalami perubahan suhu tubuh. Di satu saat tubuhnya terasa dingin, tapi beberapa saat kemudian bisa menjadi lebih hangat.

Hal ini sangat normal karena bayi masih berada di masa tumbuh kembang dengan sistem internal yang belum berfungsi optimal. Di usia awal kelahiran biasanya suhu tubuh bayi cenderung lebih hangat dan akan menurun setelah berusia beberapa bulan.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh juga membuat suhu tubuh normal berubah menjadi lebih tinggi atau rendah, terutama sering dialami oleh perempuan di masa menstruasi. Di masa-masa menstruasi ini tubuh bisa terasa panas atau dingin padahal suhu lingkungan masih normal.

Selain pada wanita yang menstruasi, wanita yang mengalami menopause juga akan mengalami hal ini. Suhu tubuh bisa turun atau naik dengan tidak menentu, tapi tidak sampai pada taraf ekstrem.

Pada wanita hamil juga rentan terjadi peningkatan suhu tubuh, sebab adanya perubahan metabolisme tubuh di masa kehamilan. Jadi, sangat wajar apabila tubuh wanita hamili suhunya lebih tinggi daripada orang normal.

Ritme Sirkadian (Jam Biologis)

Suhu tubuh manusia juga bisa naik maupun turun karena adanya ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Biasanya, manusia mengalami suhu terendah dua jam sebelum bangun atau menjadi lebih dingin di waktu-waktu tertentu.

Demam

Tubuh manusia juga rentan mengalami peningkatan suhu yang lebih dikenal sebagai demam. Demam sendiri adalah kondisi umum yang bisa disebabkan beberapa faktor, misalnya adanya infeksi.

Demam adalah pertanda bahwa tubuh Anda tengah bertarung melawan virus. Penyakit umum dengan gejala demam adalah flu, radang tenggorokan, sinusitis, radang paru, infeksi saluran kemih, atau tuberkulosis.

Suhu tubuh normal adalah berada di kisaran 35 hingga 37 derajat celcius, apabila berada kurang atau lebih dari itu artinya tubuh tengah mengalami penurunan atau peningkatan suhu sehingga perlu perhatian lebih. Mau tahu info kesehatan lainnya? Anda bisa kunjungi laman Orami.co.id.

Related Posts