3 Manfaat Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Manfaat Bahan Bakar Ramah LingkunganBeberapa tahun belakangan ini kampanye penggunaaan bahan bakar ramah lingkungan semakin masif. Bukan hanya karena untuk mengurangi konsumsi BBM berbahan bakar fosil tetapi juga lebih kepada kesehatan penggunanya.

Apakah Anda mengetahui bahwa bahan bakar ramah lingkungan tersebut memiliki efek jangka panjang yang baik bagi manusia? Jika belum memahaminya, maka simaklah uraian manfaat artinya untuk kehidupan kita.

Manfaat Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Berdasarkan penelitian keuntungan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan sebagai pengganti bahan bakar fosil telah diketahui membawa dampak positif bagi kehidupan manusia.

Namun karena belum terbiasa masih banyak perlu penyesuaian terutama pada mesin kendaraan yang nanti akan menggunakannya. Akan tetapi secara perlahan di masa depan diharapkan bahwa bahan bakar r ini akan menjadi mendominasi penggunaan bahan bakar fosil.

Adapun manfaat penggunaan bahan bakar yang memiliki sifat ramah terhadap lingkungan adalah sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Lingkungan

Sisa bahan buangan yang disebabkan oleh bahan bakar fosil memiliki daya rusak yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bakar ramah lingkungan. Artinya jika konsentrasinya terlalu besar di udara maka akan dapat meningkatkan potensi pemanasan global.

Artinya akan terjadi kenaikan temperatur udara yang akan mengakibatkan mencairnya es di Kutub Utara. Selain itu pula dalam jangka panjang dapat merubah iklim dalam suatu daerah.

Lain halnya dengan penggunaan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan. Gas buangannya memungkinkan untuk diproses ulang sehingga dapat menekan potensi pemanasan global.

Menjaga Kesehatan Manusia

Gas hasil buangan dari pembakaran bahan bakar yang bersifat ramah lingkungan memiliki kandungan karbon dioksida lebih rendah dibandingkan bahan bakar fosil. Hal itu menyebabkan dikategorikan sehat karena tidak akan terhirup ke paru-paru.

Sebab gas karbondioksida itulah yang bisa membuat kapasitas paru-paru semakin kecil sehingga volume Oksigen yang dihirup nya tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia. Dengan demikian secara tidak langsung penggunaannya dapat membuat kesehatan manusia akan semakin baik.

Gangguan yang terjadi pada paru-paru akan menyebabkan Oksigen yang dibutuhkan untuk membakar nutrisi semakin rendah. Akibatnya tubuh tidak dapat memperoleh gizi yang dibutuhkan sehingga akan menjadi semakin lama.

Oleh karena itu memanfaatkan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Mengurangi Potensi Hujan Asam

Dengan berkurangnya gas karbon dioksida di udara, maka potensi hujan asam di suatu daerah akan semakin berkurang. Sebab hasil buangan bahan bakar ramah lingkungan Tidak terlalu banyak mengandung gas karbondioksida yang merupakan salah satu pereaksi pembuat hujan.

Dengan banyaknya manfaat penggunaa bahan bakar ramah lingkungan, maka Anda bisa mempertimbangkan penggunaannya pada jenis kendaraan yang tepat. Sebab secara perlahan pemanfaatannya akan diperluas. Sehingga pada akhirnya penggunaan bahan bakar fosil akan menurun.

Related Posts